Masa liburan akhir tahun akan segera tiba. Yuk, rehat sejenak untuk travelling. Travelling dapat melepaskan stres dan lebih berpotensi membuat orang menjadi lebih bahagia. Sehingga dapat meningkatkan produktivitas, untuk siap kembali beraktivitas. 

Namun seringkali biaya travelling menjadi beban jika tidak dipersiapkan dengan baik. Memiliki rencana yang matang dalam mempersiapkan liburan dapat mengurangi potensi boncos setelah liburan.

Tips Liburan Hemat dan Dijamin Tetap Seru

Berikut tips liburan hemat:

1. Susun rencana liburan jauh-jauh hari 

Tentukan rencana liburanmu jauh-jauh hari. Mulai dari tentukan lokasi liburan, sehingga dapat membuat rincian untuk budget liburanmu. Jika sudah mendapatkan rancangan awal liburan yang kamu inginkan, tentukan target kapan liburan akan dilakukan. Pastikan ada tambahan budget jika kamu memilih melakukan travelling di akhir tahun ya!

Baca Juga: Cara Perusahaan Menangani Stress Pada Karyawan

2. Survei dan riset lokasi liburan

Untuk melengkapi rencana liburanmu, pastikan lakukan survey dan riset lokasi liburan. Kamu bisa meriset melalui berbagai informasi online, atau bisa juga sharing dengan teman-temanmu yang pernah ke lokasi yang akan kamu tuju. 

Hal ini bisa membuat perencanaan budgetingmu lebih mapan, serta membantu mempersiapkan keperluan travellingmu lebih detail. Sehingga meminimalisir biaya tambahan saat liburan. Bisa juga membantumu menentukan outfit saat packing

3. Rencanakan aktivitas gratis atau terjangkau

Cari tahu tentang acara-acara atau tempat-tempat yang menawarkan kegiatan gratis atau dengan biaya terjangkau. Ini bisa termasuk pameran seni, konser musik di taman, atau tur berpemandu yang tidak memakan banyak biaya.

4. Buat daftar destinasi liburan 

Image by Freepik - Liburan Hemat

Baca Juga: Prosedur Pengajuan Cuti Karyawan Swasta

Setelah memasukkan alternatif aktivitas gratis yang murah dan terjangkau, tips liburan hemat selanjutnya adalah susun daftar destinasi lokasimu secara detail. Kamu bisa menyusun jadwal dan alokasi waktu yang akan kamu habiskan di destinasi tersebut. 

5. Pesan tiket dan penginapan jauh-jauh hari 

Pemesanan tiket akomodasi maupun penginapan dari jauh-jauh hari dapat memberikan Anda akses ke tarif yang lebih terjangkau. Memiliki rencana perjalanan yang matang juga membantu Anda menghindari biaya mendadak yang mungkin muncul saat bepergian.

6. Manfaatkan promo liburan

Selalu pantau promo dan diskon dari maskapai penerbangan, hotel, dan tempat-tempat wisata. Banyak situs web dan aplikasi yang menawarkan potongan harga atau cashback untuk pemesanan tertentu. Jangan ragu untuk memanfaatkan kesempatan ini. 

Namun seringkali tawaran promo tiket dan harga murah datang saat dompet lagi tipis di tanggal tua. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas Tarik Gaji Awal, untuk mengatasi hal itu. Kamu tetap bisa mendapatkan tiket murah tanpa berhutang

Baca Juga: Penting! 5 Cara Mengatasi Hedonisme Agar Hidup Tentram

Fasilitas Tarik Gaji Awal di Payuung Benefits memungkinkanmu untuk dapat menarik sebagian gaji lebih awal sebelum tanggal penggajian. Payuung merupakan aplikasi wellness dan finansial karyawan yang menawarkan berbagai fitur penunjang work-life balance setiap karyawan.

Dengan fitur ini kamu akan mendapatkan limit harian sesuai jumlah hari yang sudah kamu lalui dalam bekerja. Tidak ada bunga, karena fasilitas ini bukanlah pinjaman. Namun kamu menarik gaji yang sudah menjadi hakmu. Yuk, pastikan perusahaanmu mengaktifkan fasilitas Tarik Gaji Awal di Payuung ya.

Dengan merencanakan liburan secara cermat dan memilih opsi yang hemat, Kamu dapat menikmati pengalaman liburan yang tak terlupakan tanpa harus menguras tabungan. Liburan tak melulu tentang seberapa besar uang yang dihabiskan, tetapi juga tentang momen-momen berharga bersama orang-orang tercinta.

Selamat berlibur!Daftar Presentasi Payuung