Hidup di tengah perkotaan sering didapati persaingan yang ketat dan kompetisi dalam melawan gaya hidup yang tradisional. Banyak orang berlomba-lomba mengejar standar kesenangan dengan gaya hidup hedonisme.

Gaya hidup yang berpusat pada kesenangan ini menjadi marak muncul dan seakan-akan ‘mengajak’ kita untuk selalu tampil mewah dan serba ada. Banyak dari mereka yang beranggapan bahwa melalui cara inilah mereka dapat meningkatkan kualitas hidup mereka dan dipandang lebih baik orang lain.

Padahal ada begitu banyak cara untuk mendapatkan kebahagiaan dan meningkatkan kualitas hidup. Menjalani gaya hidup yang hedon justru hanya menciptakan masalah yang akan timbul di kemudian hari.

Simak artikel berikut ini yang akan membahas definisi, ciri, penyebab dan cara mengatasi hedonisme

Definisi dan Ciri Hedonisme

Hedonisme merupakan salah satu gaya hidup yang berorientasi pada kebahagiaan dan mencari cara untuk mendapatkannya melalui pemenuhan keinginan yang tidak ada habisnya. Gaya hidup ini memusatkan keinginan pribadi sebagai kebutuhan yang perlu dipenuhi dan didapatkan. 

Gaya hidup hedonisme sering terlihat dari bagaimana seseorang suka berbelanja hal yang tidak perlukan, mengkonsumsi makanan dan minuman secara berlebihan serta tidak memiliki tabungan atau dana darurat. 

Orang yang hedon mendapat kenikmatan hanya dengan memenuhi keinginan pribadi mereka. Diantara beberapa ciri orang yang hedon diantaranya, yaitu:

  1. Tidak pernah merasa puas. Orang yang bergaya hidup hedon selalu tidak merasa puas akan hal-hal yang dimilikinya dan terus berusaha mencari hal lain yang belum dirasakannya.
  2. Rendahnya pengendalian diri. Orang yang hedon cenderung tidak mampu mengendalikan dirinya karena ia selalu ingin merasakan kenikmatan dan kesenangan dari terpenuhinya hal yang diinginkan.
  3. Impulsif. Orang hedon hanya akan mementingkan keadaan saat itu saja sehingga cenderung lebih impulsif dan tidak melihat efek jangka panjangnya.
  4. Perilaku berlebihan. Karena ketidakpuasan yang selalu mereka rasakan, orang yang hedon selalu berperilaku secara berlebihan, baik itu dalam berpakaian, berbelanja dan lain sebagainya. Bahkan saat ini banyak yang terjerat hutang pinjaman online.
  5. Egois. Orang yang hedon hanya akan memikirkan keinginannya sendiri dan bersikap acuh dan tidak peduli terhadap keberadaan atau keadaan orang lain. 

Baca juga: Cara Hidup Tenang Tanpa Hutang

Penyebab Hedonisme

gaya hidup hedonisme

Gaya hidup hedonisme tentu tidak datang secara tiba-tiba, melainkan dipengaruhi oleh banyak hal. Secara garis besar, penyebab hedonisme dapat dibagi menjadi dua faktor utama yaitu faktor internal dan faktor eksternal. 

1. Faktor Internal

Faktor yang berasal dari diri sendiri, ini berkaitan dengan bagaimana sikap, kepribadian dan motif yang melatarbelakangi kehidupan seseorang. Hal ini juga termasuk dengan pengalaman yang pernah dialami dan bagaimana persepsinya dalam memandang suatu hal.

2. Faktor Eksternal

Faktor eksternal merupakan faktor yang berasal di luar diri individu, ini biasanya dipengaruhi bagaimana keadaan keluarga, kerabat/teman, budaya dan kelas sosial ekonominya. Hal ini biasanya menjadi faktor terkuat yang mempengaruhi gaya hidup hedonisme seseorang. Perilaku seseorang biasanya tercermin dari bagaimana orang-orang disekitarnya berperilaku.

Baca juga: Dana Pensiun untuk Milenial dan Gen Z

Cara Mengatasi Hedonisme

Cara Mengatasi Hedonisme

Gaya hidup hedonisme yang mengutamakan kesenangan dan kebahagian semata tentu akan membawa banyak dampak buruk bagi kehidupan. Penting untuk mulai menyadari perilaku hedon sejak dini agar tidak memberikan kerugian yang signifikan di masa depan.

Berikut beberapa cara yang dapat membantu mengatasi gaya hedonisme, diantaranya:

1. Mengelompokkan 3 Jenis Pengeluaran

Cara pertama yang dapat digunakan dalam mengatasi gaya hidup hedonisme adalah dengan mengelompokkan tiga jenis pengeluaran berdasarkan prioritasnya, yaitu:

  • Wajib: Pengeluaran wajib ini mencakup hal-hal krusial yang membantu kita untuk bertahan hidup seperti kebutuhan sandang, pangan dan pangan. Dasar dari pengeluaran wajib ini biasanya sama bagian sebagian besar orang.
  • Perlu: Jenis pengeluaran yang menopang dan mendukung pengeluaran wajib. Hal ini seperti keperluan sekolah anak yang berbeda-beda, keperluan pekerjaan dan sebagainya. 
  • Ingin: Pengeluaran ini menjadi pengeluaran yang tidak terbatas karena keinginan bisa berubah-ubah setiap harinya. Oleh karena itu, besaran pengeluaran ini pun harus paling kecil dibanding kedua pengeluaran di atas.

Dengan mengetahui tiga jenis pengeluaran ini maka alokasi pendapatan bisa disesuaikan dengan daftar prioritas di atas. 

2. Membuat Detail Anggaran

Setelah melakukan pengelompokkan di atas, cara selanjutnya adalah membuat atau menyusun anggaran yang detail. Besaran pengeluaran tentunya harus disesuaikan dengan urgensinya. Perlu diperhatikan juga untuk membuat anggaran khusus menabung.

3. Membatasi Akses Pengeluaran

Semakin melesatnya perkembangan teknologi, kini sudah banyak lahir berbagai dompet digital. Alokasi pendapatan ke berbagai akses ini justru dapat menyebabkan perilaku konsumtif dan impulsif yang tidak disadari. Hal ini juga menyebabkan sulitnya memantau pengeluaran.

Oleh karena itu, penting untuk membatasi akses pengeluaran dan mengkhususkan chanel yang digunakan untuk pengeluaran tertentu sesuai dengan anggaran yang sudah dibuat. 

4. Membatasi Pengeluaran Sesuai Anggaran

Anggaran yang sudah dibuat bukan hanya berguna untuk mengatur alokasi pendapatan tapi juga untuk membatasi pengeluaran. Agar terhindar dari gaya hedonisme, penting untuk membatasi pengeluaran sesuai dengan jumlah yang dianggarkan. Cobalah tinggalkan kebiasaan menggunakan uang melebihi anggaran  terlebih memiliki pengeluaran yang melebihi pendapatan.

5. Menentukan Gaya Hidup

Gaya hidup hedonisme tentu akan membuat berantakan kehidupan finansial seseorang. Perlu adanya kesadaran untuk mulai berhenti berperilaku hedon demi kehidupan finansial yang lebih baik. Ini bisa dimulai dengan meninggalkan kebiasaan tidak bermanfaat dan juga keluar dari lingkaran sosial yang merugikan. Cobalah mencari kebahagiaan dari hal-hal sederhana. 

Gaya hedonisme tidak dapat bertahan lama karena tidak adanya ketegasan dalam mengatur keuangan dapat menghabiskan keuangan secara perlahan. Karena itu penting untuk menentukan gaya hidup yang lebih sehat dan sesuai dengan pendapatan.

Baca juga: Cara Menghindari Jeratan Pinjaman Online

Analisa Kondisi Keuanganmu di Aplikasi Payuung Pribadi

Dalam mengatasi gaya hidup hedonisme kini telah lahir banyak teknologi yang mampu memandumu untuk mengatur keuangan menjadi lebih baik. Untuk melihat dan menganalisa seberapa sehat kondisi keuanganmu kamu dapat menggunakan fitur financial check up dari Payuung Pribadi.

Payuung Pribadi merupakan aplikasi finansial wellness yang menawarkan solusi finansial dan kebutuhan sehat harian dalam mendukung work-life balance setiap pribadi dan pekerja di masa kini.

Platform Payuung dapat diakses secara mudah melalui Google Play Store atau App Store atau klik tombol di bawah ini untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Daftar Presentasi Payuung