Cara Perusahaan Menangani Stress Pada Karyawan- Stress di tempat kerja merupakan hal yang biasa dialami oleh banyak orang. Stress dapat berasal dari berbagai sumber, seperti tekanan untuk menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang singkat, perasaan tidak dihargai di tempat kerja, atau masalah hubungan kerja dengan rekan kerja.

Namun, stress di tempat kerja tidak hanya merugikan kesehatan mental pada karyawan, tetapi juga dapat menurunkan kinerjanya dan meningkatkan risiko terkena penyakit fisik seperti tekanan darah tinggi dan masalah jantung. Pada ujungnya, penurunan produktivitas ini juga akan berdampak pada produktivitas perusahaan.

Baca Juga: Benefit Karyawan Untuk Mengurangi Tingkat Turnover

Cara Menangangi Stress Pada Karyawan

Menangani stress karyawan

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan HRD suatu perusahaan untuk menangani stress pada karyawan di tempat kerja:

1. Menentukan sumber stress

Untuk mengatasi stress yang dirasakan karyawan di tempat kerja, pertama-tama Anda perlu mengetahui penyebab utama stress yang ia alami. HRD dapat membantu karyawan untuk mencatat saat-saat ketika karyawan merasakan stress dan mencari pola di baliknya. Apakah stress karyawan tersebut muncul saat harus menyelesaikan banyak pekerjaan dalam waktu yang singkat? Ataukah stress ini timbul saat ia berinteraksi dengan seseorang di tempat kerja?

2. Buat rencana tindakan 

Setelah karyawan mengetahui sumber stress mereka, selanjutnya HRD dapat membantu untuk membuat rencana tindakan untuk mengatasi stress tersebut. Misalnya, jika stress karyawan muncul saat ia harus menyelesaikan banyak pekerjaan dalam waktu yang singkat, ia dapat meminta bantuan dari rekan kerja atau mengelompokkan pekerjaannya menjadi beberapa bagian yang lebih kecil dan menyelesaikannya satu per satu.

3. Cari solusi untuk masalah hubungan kerja

Jika stress karyawan muncul dari masalah hubungan dengan rekan kerja, ia sebaiknya mencari bantuan dari atasan atau HRD untuk mencoba untuk berbicara dengan orang yang menyebabkan stress dan mencari solusi bersama-sama.

Baca Juga: Benefit Proteksi Menciptakan Rasa Aman Bagi Karyawan dalam Bekerja

4. Kurangi tekanan diri

Banyak orang merasa tertekan karena merasa harus selalu sempurna dalam pekerjaan mereka. Karyawan semacam ini sebaiknya belajar untuk menerima bahwa mereka tidak selalu bisa menyelesaikan semua tugas dengan sempurna dan belajar untuk menerima kegagalan sebagai bagian dari proses belajar.

5. Beristirahat yang cukup

Istirahat yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dan fisik. Perusahaan perlu menjaga agar karyawan mendapatkan waktu istirahat yang cukup selama jam kerja dan tidak terlalu banyak bekerja di luar jam kerja.

6. Mengelola waktu dengan baik

Karyawan yang dapat mengelola waktu dengan baik dapat menghindari kelebihan beban kerja yang menyebabkan stress. Manager dapat membantu karyawan bawahannya mengelola waktu dengan membuat daftar kegiatan harian dan menetapkan batas waktu untuk menyelesaikan setiap tugas, misalnya dengan bantuan fitur timesheet di aplikasi Hadirr. Panduan semacam ini akan membantu karyawan mengelola waktu dengan lebih efektif dan mengurangi rasa terbebani.

7. Olahraga

Olahraga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kondisi fisik dan mental. Sarankan karyawan untuk melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan bagi mereka, seperti jogging, yoga, atau bersepeda, dan beri dukungan agar karyawan dapat melakukannya secara teratur.

Baca Juga: Program Benefit Karyawan Paling Populer

8. Memberi dukungan 

Dukungan dari perusahaan dapat membantu mengurangi stres dan memberikan motivasi pada karyawan untuk menghadapi tantangan kerja yang ada. 

Dengan menggunakan platform employee benefit Payuung, perusahaan dapat memberi aneka jenis dukungan kepada karyawan agar dapat mengelola stress mereka dengan lebih baik.

Mulai dari mengapresiasi hasil kerja karyawan hingga memberikan aneka reward  yang akan memotivasi karyawan. Yang lebih menarik lagi, Payuung dapat digunakan secara gratis tanpa biaya, sehingga dapat digunakan oleh perusahaan skala kecil maupun besar.

Daftar Presentasi Payuung