Perusahaan berbadan usaha CV (Commanditaire Vennootschap) dianggap punya legalitas bisnis yang kuat dan menjadi pondasi yang kokoh untuk menunjang keberhasilan pertumbuhan di masa depan. 

Dikutip dari kompas.com, badan usaha juga punya peran penting dalam perekonomian nasional karena mampu memproduksi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan warga negara. Lalu dari segi bisnis, badan usaha pun berorientasi memperoleh keuntungan agar dapat terus berkembang. 

Nah, sejalan dengan perkembangan bisnis, badan usaha berbentuk CV juga terkadang membutuhkan pinjaman modal sebagai support system. Ada beberapa manfaat yang menjadi alasan kenapa sebuah usaha butuh pinjaman modal bisnis. Berikut ulasannya!

Manfaat pinjaman modal bisnis

Pinjaman modal yang termasuk utang produktif bisa menjadi solusi akselerasi pertumbuhan bisnis. Ibaratnya kamu berinvestasi untuk mendapat profit tambahan secara jangka panjang, asal penggunaannya tepat. Nah, berikut beberapa manfaat dari pinjaman modal bisnis, yaitu:

Bantu bisnis untuk lebih berkembang

Ketika usaha kamu tiba-tiba mendapat ekstra orderan yang sudah jelas profit, namun terkendala modal untuk produksi, sayang kan bila harus ditolak. Jumlah produksi jadi segitu-gitu aja, tanpa ada perkembangan. Coba kalau ada modal yang mencukupi untuk tambah jumlah produksi, cuan yang masuk jadi lebih besar, dan usaha kamu bisa maju. 

Ini yang menjadi alasan kenapa kredit modal bisa bantu sebuah bisnis untuk lebih berkembang.    

Baca Juga: Cara Menentukan Anggaran Benefit Karyawan 

Mendukung bisnis untuk berinovasi 

Inovasi dibutuhkan sebuah bisnis terutama di era digital agar dapat bersaing dengan kompetitor. Namun, inovasi juga membutuhkan dana untuk melakukan riset, uji coba, pemasaran, sampai produksi. Itu mengapa, kadang modal yang terbatas membuat sebuah bisnis terkendala melakukan inovasi.   

Agar bisnis dapat berinovasi secara maksimal, ketersediaan modal yang cukup adalah kunci. Modal untuk ekspansi (inovasi) harus dipisah dari modal yang dipakai untuk operasional bisnis. Sehingga keduanya bisa berjalan beriringan tanpa ada yang dikorbankan.  

Dijadikan sebagai dana darurat

Bisnis yang sehat adalah bisnis yang memiliki cash flow yang lancar. Tapi terkadang ada saja kondisi tidak terduga yang berdampak pada cash flow bisnis, misal seperti keterlambatan pembayaran dari klien atau kejadian force majeure lainnya. 

Sehingga perusahaan harus memiliki dana darurat untuk menghadapi situasi tak terduga agar cash flow bisnis tidak terganggu. Pinjaman modal bisnis adalah solusi dana darurat bagi perusahaan yang ingin cash flow bisnis tetap aman.    

Memberi cuan karena akses yang mudah

Ketika ada kebutuhan bertemu dengan akses yang mudah untuk mendapatkannya, akan memberi untung lebih bagi bisnis. Itu mengapa, kebutuhan bisnis terhadap kredit modal harus sejalan dengan kemudahan akses untuk mendapatkannya, agar pelaku bisnis memperoleh dukungan maksimal.

Antara pemberi dan penerima modal juga harus sama-sama diuntungkan dari adanya transaksi pinjaman modal ini. Sehingga keduanya bisa punya visi yang sama untuk saling mendukung pertumbuhan ekonomi.  

Tips pinjaman modal bisnis bisa disetujui

Ketika perusahaan kamu sedang membutuhkan pinjaman modal bisnis, segera ajukan kredit melalui lembaga perbankan, pegadaian, atau ke perusahaan fintech lending. Nah, agar pengajuan pinjaman modal bisnis kamu dapat disetujui, berikut tipsnya!

Punya tujuan pengajuan yang jelas

Jika kamu tidak memiliki tujuan pengajuan pinjaman yang jelas, baiknya urungkan niatmu. Sebab, hal itu hanya akan membuat dana pinjamanmu terpakai untuk hal yang sia-sia. Pastikan kamu sudah punya rencana penggunaan dana pinjaman, yang bisa menjadi pertimbangan tambahan bagi pemberi kredit untuk menyetujui pengajuanmu.  

Tujuan penggunaan yang jelas juga bantu menunjukkan keseriusan bisnis untuk menumbuhkan trust dari pihak pemberi pinjaman. Kamu pun lebih mudah menentukan besar nilai pinjaman dan jangka waktu, ketika sudah memiliki rencana penggunaanya.  

Ajukan jumlah pinjaman yang tepat

Ketika kamu sudah tahu pasti akan menggunakan dana pinjaman untuk apa, kamu jadi lebih mudah menentukan jumlah pinjaman yang tepat. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan jumlah pinjaman dengan kondisi finansial bisnis. 

Pastikan jumlah pinjaman yang diajukan sesuai dengan kemampuan bayar, agar pengajuan kredit lebih mudah disetujui. Pemberi pinjaman juga berhak menolak pengajuan kredit bila nominal pinjaman yang diajukan tidak sesuai dengan kemampuan bisnis kamu.  

Baca Juga: Karyawan Sering Kasbon? Berikut Tips Seputar Aturan Pinjaman Karyawan 

Pastikan skor kredit baik  

Skor kredit menjadi pertimbangan pihak bank dalam menilai pengajuan pinjaman yang kamu ajukan. Definisi skor kredit adalah sistem untuk menilai kelayakan peminjam saat mengajukan pinjaman. Skor kredit dapat memberi gambaran tentang sejauh mana seseorang atau entitas dapat diandalkan untuk bisa membayar kewajiban pinjamannya.

Agar pinjaman kamu dapat disetujui, skor kredit harus berada di skala 1 (Kol 1), yang artinya riwayat kredit lancar. Tapi, jika kamu berada di Kol 3 hingga Kol 5, artinya riwayat kredit kamu buruk (pernah ada kredit macet). Sehingga pastikan kamu menjaga skor kredit agar pengajuan pinjaman dapat disetujui dengan mudah.

Siapkan jaminan aset (bila ada)   

Banyak jenis pinjaman modal bisnis membutuhkan jaminan aset tetap berupa sertifikat tanah/bangunan, emas, BPKB kendaraan, sampai surat berharga (obligasi/saham). Jaminan atau agunan juga menjadi pertimbangan dari pemberi pinjaman untuk menentukan besar plafon kredit yang bisa kamu terima.   

Namun, ada pinjaman modal bisnis tanpa jaminan aset tetap yang difasilitasi oleh perusahaan fintech lending seperti Investree. Para pemilik bisnis bisa mengajukan kredit modal kerja dengan plafon hingga Rp2 miliar dan bunga mulai 12% per tahun. 

Kamu bisa memilih sendiri jenis-jenis pinjaman sesuai kebutuhan bisnis kamu. Proses pengajuannya pun mudah dan 100% online. Buktikan dengan ajukan pinjaman modal sekarang di sini!

 

Referensi:

DBS. 22 Oktober 2022. Kiat Agar Pinjaman Modal Usaha Anda Disetujui. Dbs.id: https://bit.ly/3qePRpc