Growth Mindset adalah keyakinan bahwa otak kita dapat berubah dan bahwa kita selalu dapat tumbuh dan belajar–apapun usia dan latar belakang kita.

Konsep ini merupakan konsep yang penting dalam menghadapi aneka tantangan dan mencapai kesuksesan dalam hidup.

Yuk, kenali lebih lanjut tentang konsep Growth Mindset dan bagaimana cara mengembangkannya dalam hidup kita.

Apa itu Growth Mindset?

Growth Mindset (Pola Pikir Bertumbuh) adalah keyakinan bahwa otak kita dapat beradaptasi dan berkembang seiring dengan waktu.

Seseorang yang memiliki growth mindset mampu memperoleh keterampilan baru, mengatasi hambatan, dan terus belajar meskipun menghadapi kesulitan.

Seseorang yang memiliki Growth Mindset juga akan melihat kegagalan sebagai peluang untuk belajar dan mengembangkan diri.

Kebalikan dari Growth Mindset adalah Fixed Mindset (Pola Pikir Tetap). Fixed Mindset membuat kita merasa stagnan, tidak dapat berkembang, atau membuat kita memiliki keyakinan bahwa kita memiliki keterbatasan dalam beberapa hal.

Seseorang yang memiliki Fixed Mindset biasanya memiliki ketakutan akan kegagalan atau membuat kesalahan, sering menyalahkan orang atau pihak lain ketika sesuatu yang tidak menyenangkan terjadi, serta tidak terbuka terhadap gagasan baru. 

Baca Juga: Mengenal Pentingnya Work-Life Balance dan Tips Mudah untuk Eksekusi

Manfaat Growth Mindset

manfaat growth mindset karyawan

Telah banyak riset yang menunjukkan bahwa Growth Mindset memiliki kaitan erat dengan kemampuan seseorang untuk pulih lebih cepat dari kegagalan, belajar dari pengalaman, dan mencapai tujuan dalam kehidupan pribadi dan profesional.

Manfaat Growth Mindset akan membuat kehidupan dan pekerjaan akan sukses. Berikut contoh perbedaan antara Growth Mindset dan Fixed Mindset

Contoh Growth Mindset vs. Fixed Mindset

Biasanya, orang dengan Fixed Mindset sering melontarkan kalimat-kalimat semacam ini baik pada orang lain atau pada dirinya sendiri:

“Saya tidak bisa.” 

“Saya terlalu tua/muda untuk melakukan ini.”

“Itu seharusnya tugas […..]”

Kalimat-kalimat ini menunjukkan pola pikir yang membatasi diri seseorang untuk tumbuh lebih dari kapasitasnya saat ini.

Sementara itu, seseorang dengan Growth Mindset memiliki kecenderungan mengucapkan kalimat-kalimat semacam ini jika menghadapi kesulitan atau tantangan:

“Bagaimana ya, cara agar saya/kita dapat melakukan hal ini?” 

“Siapa ya yang bisa saya mintai dukungan atau pertolongan untuk Z?” 

“Saya gagal dengan cara X, tapi sepertinya ada cara lain yang bisa berhasil bagi saya.” 

Pertanyaan-pertanyaan semacam ini membantu kita bergerak maju ketika menghadapi tantangan atau kesulitan.

Baca Juga: Cara Perusahaan Menangani Stress Pada Karyawan

Bagaimana Cara Membangun Growth Mindset?

Berikut adalah beberapa cara untuk mengembangkan Growth Mindset:

  1. Ajukan pertanyaan terbuka, seperti beberapa contoh di atas.
  2. Sadari bahwa membuat kesalahan dan mengalami kesulitan adalah bagian dari pertumbuhan dan pembelajaran.
  3. Fokuslah pada upaya, proses, dan strategi, bukan hanya pada hasil akhir. Jika kita terlalu terpaku pada hasil akhir, kita akan melupakan bahwa proses yang baik amat diperlukan untuk meraih keberhasilan.
  4. Jangan membandingkan diri Anda dengan orang lain. Bandingkan diri Anda dengan versi Anda yang sebelumnya. Cara pandang ini amat penting untuk membantu kita melihat bahwa terlepas dari kesulitan yang kita hadapi, kita sedang melangkah terus menuju suatu tahap yang lebih baik!

 

Jangan lupa juga untuk merayakan kemenangan-kemenangan kecil dan kemajuan yang Anda capai. Tidak apa-apa jika sekali-kali kita mengambil waktu untuk bersantai, karena selalu berada dalam perjalanan bertumbuh bisa jadi melelahkan.

Namun, selalu ingatlah bahwa Anda memiliki potensi tak terbatas untuk tumbuh dan berkembang.

Dengan menjaga cara pikir yang positif, selalu berani mencoba hal baru, dan selalu berfokus pada kemajuan, Anda akan melihat perubahan yang luar biasa dalam hidup Anda.

Dapatkan aneka solusi dan tips hidup sehat dan positif di aplikasi Payuung Pribadi: Sehat Jiwa, Sehat Raga, Sehat Finansial!

Daftar Presentasi Payuung