Fasilitas Tarik Gaji Awal, atau dalam Bahasa Inggris dikenal dengan EWA (Earn Wage Access), memungkinkan karyawan bisa menarik gaji di luar waktu penggajian. Ini bisa sangat berguna bagi pekerja yang perlu menutupi biaya tak terduga atau yang berjuang untuk memenuhi kebutuhan sampai gaji berikutnya. 

Di Indonesia, Tarik Gaji Awal/ EWA menjadi pilihan yang semakin populer bagi pekerja, karena dapat membantu menjembatani kesenjangan antara periode pembayaran dan memberikan rasa aman secara finansial.

Secara keseluruhan, EWA dapat menjadi alat keuangan yang berguna bagi pekerja di Indonesia yang perlu mengakses upah yang mereka peroleh sebelum hari gajian.

Cara Mendapatkan Tarik Gaji Awal / EWA

Tingkatkan Kesehatan Finansial Karyawan, dengan Tarik Gaji Awal | Payuung.

Baca juga: Dana Pensiun untuk Milenial dan Gen Z 

Salah satu cara pekerja di Indonesia dapat mengakses upah yang mereka peroleh sebelum hari gajian adalah melalui penyedia EWA, seperti Payuung.com. Melalui aplikasi Payuung, perusahaan bisa memberikan Fasilitas Tarik Gaji Awal/ EWA bagi karyawan tanpa mengganggu arus kas perusahaan. Karena dananya akan disediakan oleh patner Payuung yaitu KINI.

Payuung Memfasilitasi Kesehatan Finansial Karyawan

Fasilitas Tarik Gaji Awal di Payuung, bisa menjadi solusi bagi perusahaan, untuk meningkatkan kesehatan finansial bagi karyawan. Karena fasilitas ini, bukanlah hutang atau pinjaman. Melainkan karyawan menarik gaji yang sudah menjadi haknya.

Sehingga dapat meminimalisir akses karyawan ke pinjaman online dengan bunga tinggi, ataupun keputusan finansial yang kurang tepat sehingga dapat menimbulkan permasalahan finansial bagi karyawan. Dikutip dari qmfinancial.com, penelitian dari IFEBP menunjukkan 4 dari 5 perusahaan melaporkan bahwa masalah keuangan pribadi karyawan berdampak buruk bagi perkembangan bisnis perusahaan.

Dampaknya bahkan berpengaruh cukup ekstrem pada tingkat stress, kesulitan fokus pada pekerjaan dan peningkatan ketidakhadiran dan keterlambatan karyawan.

Keuntungan Menggunakan Payuung untuk Tarik Gaji Awal

Tingkatkan Kesehatan Finansial Karyawan, dengan Tarik Gaji Awal | Payuung.

Baca juga : 5 Tips Sukses Bisnis Franchise

Payuung berkomitmen untuk menyediakan produk-produk yang dapat mendukung perusahaan untuk menyediakan benefit yang efektif bagi karyawan.

Meskipun memberikan kemudahan akses gaji yang bisa ditarik dalam hitungan detik, kapan saja, dan dimana saja, produk Tarik Gaji Awal di Payuung memiliki sistem validasi agar produk ini dapat membantu karyawan menyelaraskan pendapatan dan pengeluaran mereka dengan lebih baik.

Contoh Hitungan Tarik Gaji Awal

Bukan sebaliknya, sehingga perilaku konsumtif karena kemudahan akses gaji bisa diminimalisir. Besaran gaji yang dapat ditarik karyawan maksimal 80% prorata dari jumlah hari yang telah dijalani dalam bulan berjalan dikali gaji pokok dan tunjangan tetap. Ilustrasinya seperti ini:

 Misalkan Joko adalah seorang karyawan PT X dengan nominal gaji pokok dan tunjangan sebesar 5 juta rupiah, tanggal 20 September akan menarik gajinya.

maka maksimal gaji yang dapat ditarik adalah 80% dari 5 juta dikalikan 19 hari yang telah dijalani dibagi total hari di bulan September, sehingga nominal yang di dapat adalah Rp 2.533.333,-. Jumlah tersebut dapat ditarik berulang kali selama limit perusahaan dan karyawan masih tersedia. Rentang nominal penarikan minimal Rp 100.000 dan maksimal Rp 1.000.000. Hal ini bertujuan agar karyawan dapat lebih bijak dalam mengatur finansial pribadinya.

Penyedia EWA biasanya membebankan biaya untuk layanan mereka, yang dapat bervariasi tergantung pada penyedia dan jumlah uang yang ditarik. Di Payuung sendiri transaksi Tarik Gaji Awal biaya adminnya sebesar Rp 25.000 atau Rp 30.000 per transaksi.

Tidak ada biaya lain, apalagi bunga. Biaya ini dikenakan ke karyawan, yang akan dibebankan oleh perusahaan dengan sistem potong gaji. Jadi, perusahaan dapat menyediakan benefit tanpa memberatkan dari sisi perusahaan. 

Baca juga: Cara Menjaga Gaji Pokok dan Tunjangan dengan Tepat

Salah satu keunggulan Payuung, platform ini terintegrasi aplikasi HR dan penggajian Gadjian.com, hal ini selain memudahkan proses administrasi juga akan memberikan biaya admin yang lebih murah.

Maka dari itu, fasilitas Tarik Gaji Awal di Payuung dapat menjadi alternatif perusahaan untuk meningkatkan produktivitas dan retensi bagi karyawan. Temukan juga berbagai alternatif pilihan benefit karyawan di Payuung. Karena benefit karyawan itu nggak harus mahal.

Daftar Presentasi Payuung