Bandung, 6 November 2019 – Meningkatnya populasi tenaga kerja usia millennial di Indonesia membuat banyak perusahaan terkendala dalam mempertahankan produktivitas generasi ini di tempat kerja. Untuk menjawab tantangan ini, Fast-8 Group –yang sebelumnya telah dikenal dengan produk-produk aplikasi pengelolaan sumber daya manusia Gadjian dan Hadirr– meluncurkan platform employee benefit online yang diberi nama Benefide.

Benefide merupakan platform yang dapat digunakan oleh perusahaan-perusahaan Indonesia untuk mengelola berbagai employee benefit atau fasilitas dari perusahaan untuk karyawan. Platform yang dapat diakses di tautan https://benefide.id ini merupakan platform employee benefit pertama di Indonesia. Fasilitas yang dapat dikelola di platform Benefide bervariasi, mulai dari pinjaman karyawan, asuransi, hingga aneka voucher gaya hidup yang dapat meningkatkan semangat kerja karyawan, khususnya generasi millennial.

Menurut proyeksi Badan Pusat Statistik (BPS), generasi millennial akan tumbuh menjadi generasi tenaga kerja produktif terbesar dalam struktur demografi Indonesia hingga tahun 2045. Karenanya, perilaku dan kepuasan kerja millennial di tempat kerja perlu menjadi perhatian khusus untuk memastikan agar produktivitas mereka tetap terjaga. Beberapa hasil riset dari dalam maupun luar negeri menyebutkan bahwa faktor kompensasi merupakan faktor nomor satu yang menjadi pertimbangan 83% dari populasi milenial Indonesia dalam memilih perusahaan tempat bekerja. Namun, rata-rata perusahaan pasti menghadapi keterbatasan anggaran ketika meningkatkan kompensasi karyawan. Hadirnya Benefide sebagai platform pengelolaan employee benefit diharapkan dapat memberikan alternatif bagi perusahaan untuk memenuhi kebutuhan karyawan terkait imbalan kerja mereka.

“Gaji bukan satu-satunya imbalan kerja yang dapat diberikan perusahaan. Imbalan non-tunai seperti asuransi dan fasilitas-fasilitas lain bisa menjadi pembeda suatu perusahaan dibanding yang lain dan meningkatkan kepuasan kerja karyawan,” jelas co-founder aplikasi Benefide, Afia Fitriati. Ia menambahkan, “Sebagai penyedia aplikasi Gadjian dan Hadirr yang sehari-hari melayani bagian HRD dan keuangan, kami menyadari bahwa pengelolaan benefit secara manual cukup merepotkan bagian HRD. Dengan menggunakan platform Benefide, kami berharap pengelolaan benefit di perusahaan-perusahaan Indonesia menjadi lebih mudah, sehingga meningkatkan produktivitas kerja perusahaan secara keseluruhan.”

Bermitra dengan Institusi Keuangan dan Tekfin

Untuk mencapai misinya, Benefide bermitra dengan berbagai pihak, antara lain dengan perusahaan asuransi nasional, PT Capital Life Indonesia (Capital Life). Pada tahun 2019, beberapa media independen memberikan apresiasi kepada Capital Life sebagai salah satu perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia atas kinerja tahun 2018.

Di platform Benefide, saat ini Capital Life menyediakan produk-produk asuransi jiwa individu yang memberikan perlindungan terhadap risiko meninggal dunia yang diakibatkan karena penyakit ataupun kecelakaan. Produk-produk proteksi ini diharapkan dapat menjadi bentuk benefit perusahaan yang memberikan rasa aman lebih bagi karyawan maupun keluarganya.

“Capital Life terus mengikuti perkembangan zaman, terutama di era digital yang semakin berkembang sekarang ini. Kami ingin mempermudah akses perusahaan maupun karyawan, khususnya karyawan millenial untuk mendapatkan perlindungan asuransi jiwa melalui platform Benefide,” kata Robin Winata, Direktur Bisnis PT Capital Life Indonesia. “Melalui kerjasama ini Capital Life menjadi mitra yang strategis untuk Benefide dalam memberikan layanan yang komprehensif dalam perlindungan asuransi jiwa bagi perusahaan maupun perorangan.” 

Selain dengan Capital Life, beberapa mitra yang sudah menjalin kerjasama dengan Benefide sebagai penyedia benefit antara lain adalah KoinWorks sebagai penyedia pinjaman karyawan, startup Riliv yang menyediakan layanan konseling online bagi karyawan, serta aggregator voucher UltraVoucher yang menyediakan aneka voucher gaya hidup.

“Kami terus membuka kemitraan dengan berbagai pihak agar variasi produk dan layanan yang tersedia di Benefide semakin beragam,” kata Afia Fitriati. “Harapan kami adalah dengan menggunakan platform Benefide, perusahaan-perusahaan Indonesia merasa terbantu dalam pengelolaan kompensasi karyawan, khususnya karyawan millenial dan key talents.

Cari tahu lebih dalam mengenai platform employee benefits pertama dan terlengkap di Indonesia dengan mengklik tombol di bawah ini:

 

Daftar Presentasi Payuung