Cara yang lazim diterapkan perusahaan-perusahaan besar untuk mempertahankan karyawan terbaik agar betah bekerja dan tidak loncat ke perusahaan kompetitor adalah membuat mereka tetap bahagia dan sejahtera. Salah satunya, dengan memberikan paket kompensasi yang menarik. 

Paket kompensasi dapat terdiri dari imbalan berbentuk finansial dan non-finansial. Imbalan finansial adalah segala kompensasi yang dibayarkan dalam bentuk uang tunai, antara lain berupa gaji, bonus, komisi, dan bermacam tunjangan yang sifatnya langsung, seperti tunjangan jabatan, tunjangan isteri/anak, atau tunjangan kehadiran. 

Sedangkan imbalan non-finansial berupa fasilitas/kemudahan hingga tunjangan yang tidak dibayarkan secara langsung (non-tunai), misalnya asuransi dan dana pensiun. Imbala n ini juga disebut sebagai benefit.

Apa itu employee benefit?

Employee benefits adalah segala jenis kompensasi non-finansial yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan sebagai bagian dari perjanjian kerja, di luar upah atau gaji yang dibayarkan secara reguler. Di banyak negara, sebagian benefit sifatnya wajib diberikan oleh perusahaan menurut hukum industrial setempat, misalnya jaminan kesehatan dan asuransi kecelakaan kerja. Di Indonesia, pemerintah juga mewajibkan perusahaan memberikan benefit kepada pekerja berupa kepesertaan dan iuran BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.

Di luar itu, pemberian benefit karyawan bergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan. Pada dasarnya, apa pun yang diberikan perusahaan dan dapat memberikan manfaat terhadap kesehatan, kesejahteraan, dan gaya hidup karyawan dapat dikategorikan sebagai benefit, mulai dari makan siang gratis, keanggotaan gym, hingga voucher liburan.

Mengapa employee benefit penting?

Bagi pencari kerja, paket kompensasi di luar gaji kerap kali menjadi daya tarik perusahaan. Menurut US Chamber of Commerce Foundation, lebih dari 50% pekerja milenial di Amerika Serikat setuju bahwa paket benefit memengaruhi pilihan mereka terhadap perusahaan calon tempat mereka akan bekerja. Sementara, lebih dari 60% mengatakan bahwa paket benefit merupakan alasan penting yang membuat mereka bertahan di sebuah perusahaan.

Sebuah survey oleh McKinsey Quarterly, majalah bisnis terbitan perusahaan konsultan manajemen McKinsey & Company, menunjukkan bahwa alasan terbesar perusahaan menawarkan employee benefit adalah untuk menarik dan mempertahankan SDM terbaik. Karyawan-karyawan terbaik adalah modal utama perusahaan untuk menjalankan bisnisnya lebih produktif dan kompetitif.

Apa saja manfaat employee benefit bagi perusahaan?

Benefit tidak dapat dianggap sebagai biaya yang dikeluarkan perusahaan semata, melainkan investasi bisnis jangka panjang. Karena itu, benefit tidak hanya penting bagi karyawan, tetapi juga punya manfaat besar dalam mendukung bisnis perusahaan, dengan cara:

1. Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Kompensasi di luar gaji sangat dibutuhkan karyawan. Bagi mereka, benefit dari perusahaan dapat mengurangi biaya yang seharusnya dikeluarkan dari gaji/penghasilan untuk menunjang kesehatan, kesejahteraan, serta gaya hidup. Karena itu, pemberian benefit dapat meningkatkan kepuasan karyawan terhadap perusahaannya. Dampaknya, karyawan akan cenderung lebih loyal terhadap pekerjaan dan perusahaan.

2. Menaikkan Retensi dan Menekan Turnover Karyawan.

Semakin betah karyawan bekerja, maka tingkat retensi karyawan di perusahaan tersebut juga semakin tinggi dan sebaliknya tingkat turnover semakin rendah. Benefit dapat membuat karyawan terbaik berpikir tujuh kali apabila ingin resign dan berpindah kerja ke perusahaan lain, sebab ia akan kehilangan sejumlah manfaat dari perusahaan yang selama ini telah dinikmati. 

3. Mendorong Kinerja yang Lebih Baik

Pemberian benefit akan meningkatkan komitmen karyawan terhadap pekerjaan. Sejumlah survei membuktikan bahwa karyawan yang mendapatkan benefit memiliki semangat, fokus, produktivitas, dan tingkat kehadiran lebih tinggi dibanding mereka yang bekerja di perusahaan yang tidak memberikan benefit. 

4. Menekan Biaya Perusahaan

Dalam sebuah organisasi perusahaan, kehilangan anggota tim karena resign tidak hanya mengganggu kinerja dan produktivitas, tetapi juga membuat bisnis kurang efisien. Sebab, perusahaan mesti lebih sering mengeluarkan biaya untuk merekrut karyawan baru. Pemberian benefit dapat menekan tingkat turnover sehingga perusahaan dapat menghemat anggaran.

5. Meningkatkan Daya Tarik Perusahaan

Perusahaan dengan paket benefit yang bagus umumnya memiliki daya tarik lebih besar di mata pencari kerja dibanding perusahaan tanpa benefit. Sehingga, kesempatan perusahaan untuk memilih dan mendapatkan karyawan terbaik juga semakin besar.

Apa contoh benefit karyawan yang menarik?

Pemberian benefit sebaiknya memperhatikan kebutuhan karyawan, sehingga manfaatnya lebih optimal. Kebutuhan yang paling umum dari pekerja adalah asuransi, pinjaman karyawan, dan kebutuhan gaya hidup karyawan. 

Kabar baiknya, perusahaanmu tak perlu repot mencari mitra asuransi atau mengeluarkan kas bon untuk memberi pinjaman karyawan. Saat ini sudah sudah tersedia Benefide, marketplace dengan merchant penyedia benefit karyawan yang mudah, cepat, dan dengan biaya terjangkau.

Platform employee benefit online terdepan di Indonesia ini menyediakan segala jenis benefit yang menguntungkan. Sebab, dengan anggaran minimal, perusahaan dan karyawanmu mendapatkan manfaat optimal. Kamu dapat mencari penyedia benefit sesuai dengan kebutuhan dan langsung berhubungan dengan merchant penyedia produk/layanan. Untuk saat ini, Benefide menyediakan pinjaman karyawan, asuransi, dan kebutuhan work-life balance

Pinjaman karyawan bunga ringan dan biaya rendah disediakan oleh Koinworks, peer-to-peer lending online yang menghubungkan karyawan dengan puluhan ribu pendana aktif. Pengajuan pinjaman karyawan melalui platform ini sangat mudah, dan disetujui hanya dalam waktu 1-2 hari. Perusahaanmu juga dapat mendaftarkan karyawan dalam program asuransi jiwa dan asuransi kecelakaan di PT Capital Life Indonesia dengan premi yang terjangkau dan manfaat yang mencakup perlindungan kecelakaan, kecacatan, dan meninggal dunia. 

Ingin memberikan karyawanmu fasilitas untuk mendukung produktivitas dan membakar semangat kerja mereka setiap hari? Benefide menyediakan beragam gift voucher dan diskon hingga 80% di berbagai merchant, seperti Pegipegi, MAP, Riliv, Gadjian Academy, Grab, Invisee, dan Excelso.

Mau tahu lebih banyak lagi? Kamu bisa daftar dan gabung di Benefide sekarang.

Employee Benefits - Benefit Karyawan - Work Life Balance - Asuransi Karyawan - Pinjaman Karyawan | Benefide