Memiliki karyawan yang sehat adalah impian setiap perusahaan. Tentu saja, dengan SDM yang sehat, kinerja perusahaan juga lebih optimal. Lain ceritanya jika karyawan sehari masuk kantor dan sehari libur karena sakit-sakitan, pekerjaan harian juga akan terbengkalai. Belum lagi perusahaan mesti mengeluarkan biaya pengobatan karyawan.

Mahalnya biaya dokter, obat, dan rumah sakit, memaksa perusahaan untuk menyiapkan anggaran sakit yang tidak sedikit. Ini belum termasuk pembiayaan terhadap risiko paling buruk, seperti kecelakaan yang menyebabkan cacat permanen atau kematian. Bisa-bisa, uang perusahaan banyak tersedot untuk biaya risiko karyawan ketimbang menjalankan bisnis.

Karena itu, cara terbaik untuk memberikan perlindungan terhadap risiko adalah melalui asuransi karyawan. Dengan membeli produk asuransi, perusahaan melakukan investasi dengan cara mengalihkan penanggungan risiko karyawan ke perusahaan asuransi, sehingga dapat meringankan beban keuangan perusahaan di masa depan. Karyawan sebagai pemegang polis akan mendapatkan manfaat apabila sakit, mengalami kecelakaan, atau meninggal dunia.

Ada dua jenis asuransi yang paling umum ditawarkan oleh perusahaan dalam paket kompensasi karyawan dengan manfaat berbeda, yaitu asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Ada perusahaan yang hanya memberikan salah satunya, tetapi ada juga yang menawarkan keduanya sebagai benefit karyawan.

Tak jarang, asuransi menjadi daya tarik perusahaan bagi para calon karyawan. Mereka menganggap perusahaan yang memberikan asuransi berarti memiliki manajemen risiko yang baik dengan memberikan perlindungan dan kepastian terhadap kemungkinan buruk yang dapat menimpa karyawan. 

Asuransi karyawan tidak hanya memberi manfaat kepada karyawan melalui perlindungan dan pertanggungan, tetapi juga memberi dampak positif bagi perusahaan. Manfaat asuransi perusahaan di antaranya:

1. Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan 

Asuransi kesehatan sangat berguna bagi karyawan ketika sakit dan butuh biaya pengobatan mahal. Dengan ditanggung perusahaan asuransi, maka karyawan tidak perlu menghabiskan gaji untuk biaya rumah sakit. Artinya karyawan dapat menggunakan uangnya untuk kebutuhan lain yang terkait dengan kesejahteraan keluarganya. Karyawan yang sejahtera akan merasa lebih bahagia dan memiliki engagement dengan pekerjaannya.

2. Mendorong Produktivitas Kerja

Produktivitas perusahaan dipengaruhi oleh kualitas SDM, salah satunya morale karyawan. Asuransi dapat menimbulkan rasa aman dan terlindungi secara psikologis, sehingga menaikkan morale mereka. Pekerja dengan morale tinggi juga memiliki motivasi tinggi, dan tentu memiliki produktvitas yang tinggi.

3. Meningkatkan Kualitas Kerja

Asuransi dapat membuat karyawan lebih fokus dalam bekerja karena tidak perlu memikirkan biaya atas risiko yang harus keluar dari kantong pribadi, sehingga kualitas pekerjaan lebih baik. Berbeda jika karyawan tidak dilindungi asuransi, mereka senantiasa dihantui oleh rasa khawatir atau cemas yang dapat menurunkan konsentrasi kerja.

4. Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Karyawan yang terpenuhi kebutuhan keamanan dan kenyamanan dalam bekerja cenderung lebih loyal. Perusahaan yang memberi banyak kepada karyawan, akan mendapatkan balasan loyalitas yang besar. Karyawan enggan meninggalkan perusahaan yang peduli pada karyawan.

5. Mendapatkan Karyawan Terbaik

Perusahaan yang menawarkan asuransi sebagai bagian dari kompensasi akan lebih mudah mendapatkan karyawan terbaik. Dibandingkan perusahaan yang hanya memberikan gaji saja, perusahaan yang memberikan benefit karyawan berupa asuransi punya daya tarik lebih besar.

6. Manfaat Asuransi Karyawan Bagi Perusahaan

Dengan pengalihan pertanggungan risiko ke pihak asuransi, perusahaan dapat menghemat anggaran karena tak perlu mengeluarkan kas perusahaan dalam hal karyawan sakit, mengalami kecelakaan kerja, atau meninggal dunia. 

Lalu, apakah program BPJS saja tidak cukup? Perusahaan memang diwajibkan mendaftarkan seluruh karyawannya sebagai peserta BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, di mana keduanya merupakan program asuransi kesehatan dan asuransi jiwa (Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian) yang dikelola oleh negara, bukan perusahaan swasta. 

Persoalannya, nilai manfaat BPJS terbatas, sehingga banyak perusahaan yang tetap memberi karyawan asuransi dari perusahaan komersial di luar BPJS. Dengan benefit asuransi, karyawan akan sepenuhnya terlindungi dari berbagai risiko serta mendapatkan nilai manfaat ganda lebih besar. 

Kini benefit asuransi karyawan tersedia di Benefide, marketplace khusus benefit karyawan yang menghadirkan berbagai merchant. Pilih jenis produk asuransi sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan karyawanmu dengan harga terjangkau tetapi memilliki manfaat yang optimal. 

Benefide merupakan platform employee benefits terdepan di Indonesia yang juga menyediakan pinjaman lunak karyawan yang mudah dan cepat. Aneka fasilitas untuk menunjang work-life balance karyawan juga tersedia di sini, seperti layanan self development, konseling, dan medical check-up

Tingkatkan motivasi karyawanmu dengan berbagai voucher dan diskon untuk menunjang gaya hidup karyawan, mulai dari voucher belanja, coffe shop, hingga perjalanan. Daftar gratis di website Benefide dan nikmati kemudahan mendapatkan benefit karyawan secara online dari mana saja.

Employee Benefits - Benefit Karyawan - Work Life Balance - Asuransi Karyawan - Pinjaman Karyawan | Benefide