5 Contoh Games Seru untuk Mendorong Kekompakan Tim- Terus bekerja tanpa ada selingan hiburan, akan membuat karyawan menjadi suntuk dan bisa saja mengalami demotivasi.

Perusahaan biasanya mengadakan event atau gathering yang dikhususkan untuk karyawan. Bukan hanya untuk menyegarkan pikiran karyawan yang telah lelah bekerja, tapi event atau gathering ini juga bertujuan untuk membentuk bonding antar tim agar lebih kompak. 

Dengan bermain games di tengah acara gathering, bisa kembali menimbulkan semangat dalam bekerja. Selain itu, juga dapat melatih koordinasi dalam tim, terutama sesama rekan kerja.

Lima contoh games yang akan kita bahas di bawah ini, bisa dijadikan referensi untuk tim Anda saat melakukan event atau gathering. Simak artikelnya dibawah, ya!

Bermain Games yang Seru Baik Untuk Teamwork Building

Melakukan permainan atau games pada karyawan, tidak lepas dari istilah teamwork. Teamwork merupakan salah satu softskill yang berkaitan dengan keterampilan atau kemampuan untuk bisa bekerja sama dalam sebuah tim.

Setiap karyawan membutuhkan skill teamwork ini karena tidak setiap pekerjaan selalu dikerjakan oleh individu. Teamwork yang kompak dibutuhkan bukan hanya untuk meringankan pekerjaan, namun juga untuk mencapai tujuan bersama dalam perusahaan.

Bermain games baik untuk teamwork karena dalam kegiatan inilah kemampuan individu diasah untuk bisa berkomunikasi, mendengarkan, dan mengatur strategi agar mencapai tujuan bersama yang teratur dan terkoordinir. 

Manfaat Teamwork Building

games seru di kantor

Seperti yang dikatakan diatas, teamwork yang kompak bisa membantu meringankan pekerjaan ataupun mencapai tujuan bersama. Berikut ini adalah manfaat teamwork building yang dilakukan perusahaan:

  • Meningkatkan komunikasi dan kolaborasi menjadi lebih baik
  • Menghilangkan rasa stress karena pekerjaan
  • Menumbuhkan rasa percaya antar individu atau anggota tim. Sehingga tidak ada karyawan yang terbebani antara satu dan lainnya.
  • Memunculkan kreativitas. Karena games yang dilakukan biasanya membutuhkan gagasan atau ide-ide kreatif
  • Menemukan potensi leadership, karena dalam games kepemimpinan membutuhkan pemimpin untuk menjalankan kelompok.

Baca Juga: 7 langkah membuat rapat virtual tim solid di masa pandemi

Games Seru Ini Bisa Dilakukan Agar Tim Menjadi Kompak!

Dalam dunia kerja yang kompetitif saat ini, kekompakan tim menjadi faktor penting yang dapat mengarah pada kesuksesan organisasi dan juga perusahaan. Untuk mencapai kekompakan tim yang optimal, perlu ada upaya yang dilakukan untuk membangun kolaborasi, komunikasi, dan kepercayaan antara anggota tim. 

Salah satu cara yang efektif untuk mencapai tujuan ini adalah melalui permainan tim atau games. Games tidak hanya memberikan hiburan dan kesenangan semata, tetapi juga memiliki manfaat nyata dalam membentuk kekompakan tim.

Berikut ini adalah 5 contoh games seru yang bisa Anda lakukan untuk mencapai tujuan dalam organisasi dan perusahaan: 

Berburu Harta Karun (Scavenger Hunt)

Permainan ini melibatkan pembagian karyawan menjadi tim di mana masing-masing tim harus mencari berbagai barang atau petunjuk di sekitar suatu wilayah. Dalam prosesnya, anggota tim harus berkolaborasi, berkomunikasi, dan berbagi informasi untuk mencapai tujuan mereka. Hal ini membangun rasa saling percaya dan kerja sama di antara mereka.

Latihan Rintangan (Obstacle Course)

Contoh games seru lainnya adalah latihan rintangan yang melibatkan karyawan agar bekerja sama untuk menyelesaikan lintasan rintangan menantang. Mereka harus saling membantu, memberikan dukungan, dan mengatasi rintangan bersama-sama.

Melalui pengalaman ini, tim Anda akan belajar untuk beradaptasi, bekerja sama, dan menghargai peran masing-masing dalam mencapai tujuan bersama.

Permainan Kepercayaan (Trust Game)

Dalam permainan ini, karyawan saling menjatuhkan diri ke karyawan lain untuk membangun kepercayaan dan komunikasi. Permainan ini membantu anggota tim untuk mengatasi ketakutan dan mengembangkan keterampilan interpersonal yang kuat.

Ketika seseorang merasa diterima dan dipercayai oleh anggota timnya, kolaborasi dan kekompakan tim akan terbentuk dengan lebih baik.

Permainan Kelompok (Group Games)

Permainan kompetitif seperti voli atau sepak bola dapat membantu membangun kerjasama tim sambil juga meningkatkan kebugaran fisik. Melalui permainan ini, anggota tim belajar untuk bekerja sama, mengambil keputusan bersama, dan beradaptasi dengan perubahan situasi yang cepat. Hal ini dapat meningkatkan komunikasi, koordinasi, dan kekompakan tim.

Tantangan Luar Ruangan (Outdoor Challenges)

Aktivitas seperti panjat tebing, flying fox, atau trekking dapat membantu karyawan membentuk ikatan sambil mendorong diri mereka di luar zona nyaman. Ketika menghadapi tantangan bersama, anggota tim harus saling mengandalkan dan bekerja sama untuk mencapai tujuan.

Pengalaman ini akan memperkuat kepercayaan diri, kekompakan tim, dan mengembangkan keterampilan kepemimpinan.

Baca Juga: Mengenal Lima Elemen Kunci Total Rewards : Perusahaan Maju, Karyawan Sejahtera

Apa yang Karyawan Dapatkan Melalui Kegiatan Games Seru Ini?

Perusahaan memiliki tujuan untuk membentuk kekompakkan dalam tim agar tujuan kerjanya tercapai, lalu apa yang karyawan dapatkan? Tentunya karyawan akan mendapatkan momen yang berharga selama masa kerjanya. 

Selain mendapatkan suasana yang fresh dari sibuknya pekerjaan, karyawan bisa mengasah kemampuan berkomunikasi dan kepercayaan dirinya dalam tim. Selain itu, karyawan juga bisa mendapatkan relasi baru melalui kelompok-kelompok permainan yang telah ditentukan. 

Perusahaan juga bisa memberikan reward kepada karyawan selama mengikuti kegiatan games ini. Sebagai contoh, untuk menambah motivasi mereka, perusahaan bisa memberikan reward berupa hadiah kepada kelompok yang berhasil memenangkan permainan atau reward kepada kelompok yang paling kompak. Sehingga, karyawan akan merasa dihargai dan motivasi serta semangat kerjanya setelah ini akan meningkat. 

Reward and Recognition pada Platform Payuung

Payuung Reward Games Seru
Fitur Apresiasi | Payuung

Dengan melibatkan karyawan dalam aneka permainan, perusahaan dapat mencapai berbagai manfaat yang meliputi peningkatan kekompakan tim, pengembangan keterampilan interpersonal, dan peningkatan komunikasi.

Kegiatan games ini juga tidak perlu dilakukan setiap hari atau setiap minggunya. Perusahaan bisa mengatur kegiatan seperti ini kurang lebih dalam jangka waktu setiap tiga bulan sekali.

Namun, penting juga untuk diingat bahwa games hanya merupakan salah satu alat dalam membangun kekompakan tim. Dalam situasi kerja sehari-hari, Anda juga dapat memanfaatkan fitur Badges di modul Reward and Recognition pada platform Payuung untuk memberikan apresiasi pada karyawan atau anggota tim Anda.

Melalui platform Payuung, Anda juga bisa memberikan reward kepada karyawan di hari spesial mereka. Apresiasi yang rutin akan meningkatkan rasa saling percaya dan kepercayaan diri tim untuk meningkatkan performa mereka.

Daftar Presentasi Payuung