Mempersiapkan masa pensiun adalah aspek penting dari perencanaan keuangan. Hal ini juga sangat penting bagi generasi milenial yang saat ini mendominasi usia produktif, serta Gen Z untuk mulai memikirkan tabungan pensiun mereka sejak dini.i

Langkah Menyiapkan Dana Pensiun untuk Gen Z

Dana Pensiun untuk Milenial dan Gen Z | Payuung.

Baca juga: Cara Menghindari Jeratan Pinjaman Online

Salah satu cara utama untuk mempersiapkan masa pensiun adalah dengan membangun dana pensiun. Dana pensiun adalah rekening tabungan yang khusus disisihkan untuk masa pensiun, yang biasanya dikelola oleh manajer dana profesional.

1. Menyiapkan Tabungan dari Muda

Untuk mempersiapkan masa pensiun adalah dengan mulai berkontribusi di dana pensiun sedini mungkin. Semakin awal Anda mulai menabung untuk masa pensiun, semakin banyak waktu yang dimiliki uang Anda untuk tumbuh dan berkembang.

Selain itu, dengan memulai lebih awal, Anda juga dapat berkontribusi dalam jumlah yang lebih kecil ke dana pensiun Anda, sehingga lebih mudah dikelola untuk Anda.

2. Menyusun Prioritas Anggaran

Selain berkontribusi pada dana pensiun, generasi milenial dan Gen Z juga dapat mengambil langkah lain untuk mempersiapkan masa pensiun, seperti membuat anggaran dan menaatinya, berinvestasi pada opsi investasi jangka panjang lainnya, dan melunasi hutang yang belum terbayar.

Dengan mengambil langkah-langkah ini, mereka dapat memastikan bahwa mereka memiliki cukup uang untuk menghidupi diri sendiri selama tahun-tahun emas mereka.

3. Memposisikan Gaya Hidup

Penting juga bagi milenial dan Gen Z untuk memiliki pemahaman yang realistis tentang tujuan dan kebutuhan pensiun mereka. Ini berarti memahami gaya hidup yang ingin mereka miliki di masa pensiun, dan berapa banyak uang yang mereka perlukan untuk mendukung gaya hidup tersebut.

Mereka dapat menggunakan kalkulator keuangan atau berkonsultasi dengan penasihat keuangan untuk memperkirakan jumlah yang harus mereka tabung.

4. Mempunyai Mindset Tentang Pentingnya Masa Pensiun

Mempersiapkan masa pensiun sangat penting bagi generasi milenial dan Gen Z dan membangun dana pensiun adalah salah satu cara utama untuk melakukannya.

Dengan memulai lebih awal, berkontribusi secara teratur dan mendidik diri mereka sendiri tentang berbagai jenis program pensiun yang tersedia, mereka dapat memastikan bahwa mereka memiliki cukup uang untuk menghidupi diri mereka sendiri selama tahun-tahun emas mereka.

Baca juga : 2 Jenis Tunjangan Karyawan yang Wajib Diketahui Perusahaan

Selain itu, membuat anggaran, berinvestasi dalam opsi investasi jangka panjang lainnya, melunasi hutang, dan memiliki pemahaman yang realistis tentang tujuan dan kebutuhan pensiun mereka juga merupakan langkah penting yang harus diambil.

Fasilitas dari Perusahaan Terhadap Biaya Pensiun Karyawannya

Dana Pensiun untuk Milenial dan Gen Z | Payuung.

Baca juga: Contoh Surat Demosi Karyawan Serta Kasusnya

Bagi perusahaan yang saat ini komposisi karyawan didominasi oleh generasi milenial dan Gen Z bisa menjadikan Dana Pensiun sebagai komponen benefit. Hal ini bisa menjadi cara untuk retensi karyawan dan meningkatkan daya tarik bagi perusahaan. Program Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) dapat menjadi satu alternatif untuk menyiapkan benefit dana pensiun bagi generasi milenial dan gen Z. 

Bagi karyawan terdapat banyak benefit dari program ini seperti berikut: jaminan kesinambungan penghasilan setelah memasuki usia pensiun, sebagai pengurang pajak penghasilan pribadi (PPh 21), investasi yang maksimal, karena hasil investasi tidak dikenakan pajak, pengelolaan dana terpisah dari kekayaan pemberi kerja.

Sedangkan bagi karyawan program ini memberikan manfaat seperti: sebagai pengurang pajak penghasilan badan (PPh 25), dapat mempertahankan karyawan berkualitas, sebagai nilai tambah bagi pemberi kerja, sebagai solusi yang tepat atas masalah arus kas pemberi kerja.

Fasilitas Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) dapat diakses melalui platform Payuung.com. Fasilitas ini bisa dimulai dengan nominal yang fleksibel sesuai dengan kemampuan perusahaan.

Terdapat dua jenis program DPLK yang ada di Payuung, yaitu Program Pensiun Iuran Pasti dan Program Pensiun Imbalan Pasca Kerja.

Daftar Presentasi Payuung